Klasifikasi Gulma Agrestal



Gulma Agrestal
1.      Physalis angulate (Cimplukan)
Habitat: budidaya cabe
Klasifikasi
Kingdom    : Plantae
Divisi          : Magnoliophyta
Kelas          : Magnoliopsida
Ordo          : Solanales
Famili         : Solanaceae 
Genus         :  Physalis
Spesies       : Physalis angulata L.

Nama daerah: Cimplukan, Cemplukan
Alat penyebaran: Generatif (biji)
Deskripsi
Merupakan tumbuhan jenis semak, tumbuhan semusim, tingginya mencapai 90 cm. Akar sistem perakaran tunggang (radix primaria), dari akar ini tumbuh cabang cabang akar berwarna putih. Batang arah tumbuh batang tegak lurus (erectus), pola percabangan simpodial, batang berwarna hijau, batang yang telah tua berkayu. Batang berbentuk bulat (teres), permukaan bantang rata (laevis). Daun merupakan daun tunggal yang tidak lengkap, terdiri dari tangkai daun (petiolus) dan helaian daung (lamina). Bangun daunnya jorong (ovalis), ujung daun runcing (acutus), pangkal daun tumpul (obtusus), tepi daun bergerigi (serratus), tulang daun menyirip (penninervis), daun berwarna hijau. Bunga merupakan bunga majemuk terdiri atas corolla 5 petal saling berlekatan dan calyx 5 sepal saling berlekatan. Simetris bunga actinomorph. bunga bisexualis terdiri atas stamen 5 buah, pistillum terdaapt 1 buah, letak ovarium superum. Buah termasuk kedalam buah semu tunggal. Terdapat calyx yang menyelubungi buah tersebut. Biji berbentuk bula pipih wakt mda berwarna hijau dan setelah masak berwarna kecoklatan.

2.      Mimosa pudica (Putri Malu)
Habitat: Budidaya Kacang tanah
Klasifikasi
Kingdom    :  Plantae
Divisi          :  Magnoliophyta
Kelas           :  Magnoliopsida
Ordo           :  Fabales
Famili          :  Fabaceae
Genus         :  Mimosa
Spesies        : Mimosa pudica Duchass. & Walp

Nama daerah: putri malu, sikejut, riyud
Alat penyebaran: Generatif (Biji)
Deskipsi:
       Putri malu atau dalam bahasa ilmiah Mimosa pudica L. adalah tumbuhan dengan ciri daun yang menutup dengan sendirinya saat disentuh dan membuka kembali setelah beberapa lama. Tanaman berduri ini termasuk dalam klasifikasi tanaman berbiji tertutup (angiospermae) dan terdapat pada kelompok tumbuhan berkeping dua atau dikotil. Daun berupa daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun setiap sirip 5 – 26 pasang. Batang bulat, berambut, dan berduri tempel. Batang dengan rambut sikat yang mengarah miring ke bawah. Akar berupa akar pena yang kuat. Bunga berbentuk bulat seperti bola, bertangkai, berwarna ungu/merah. Kelopak sangat kecil, bergigi 4, seperti selaput putih. Tabung mahkota kecil, bertaju 4, seperti selaput putih. Buah berbentuk polong, pipih, seperti garis. Biji bulat dan pipih.


3.      Amaranthus spinosus L (Bayam Duri)
Habitat: Budidaya sayur-sayuran
Klasifikasi
Kingdom  : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo         : Caryophyllales
Famili       : Amaranthaceae
Genus       : Amaranthus
Spesies     : Amaranthus spinosus L

Nama daerah: bayeman (Jawa)
Alat penyebar: Generatif (Biji), Vegetatif (Batang, Rizom)
Deskripsi
Akar tanaman bayam duri sama seperti akar tanaman bayam pada umumnya, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang. Batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat, lunak dan berair. Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial. Batangnya berwarna merah kecoklatan. Yang menjadi ciri khas pada tanaman ini adalah adanya duri yang terdapat pada pangkal batang tanaman ini. Daun spesies ini termasuk daun tunggal. Berwarna kehijauan, bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Bentuk tulang daun bayam duri penninervis dan tepi daunnya repandus. Bunga di axilaar batang. Merupakan bunga berkelamin tunggal, yang berwarna hijau. Setiap bunga memiliki 5 mahkota. panjangnya 1,5-2,5 mm. Kumpulan bunganya berbentuk bulir untuk bunga jantannya. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini termasuk bunga inflorencia. Buah Berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm. Biji Berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 – 1 mm.
Share 'Klasifikasi Gulma Agrestal' On ...

Belum ada komentar untuk "Klasifikasi Gulma Agrestal"

Post a Comment